Bupati Humbahas Lakukan Sosialisasi Bersama Kelompok Tani di Pollung

Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE melaksanakan sosialisasi pertanian bersama beberapa kelompok tani di Kawasan Food Estate, Sabtu (26/8/2023) Desa Ria-ria Kecamatan Pollung.

topmetro.news – Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE melaksanakan sosialisasi pertanian bersama beberapa kelompok tani di kawasan ‘food estate’, Sabtu (26/8/2023) Desa Ria-ria Kecamatan Pollung.

Kelompok tani yang ikut serta dalam sosialisasi antara lain Kelompok Tani Ganda Marsada, Kelompok Tani Sehati, Kelompok Tani Ria Kerja. Kemudian, Kelompok Tani Ria Bersinar, Kelompok Tani Sinar Jaya, Kelompok Tani Maju, dan Kelompok Tani Karejo.

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE dalam kesempatan itu menyampaikan agar seluruh petani untuk lebih fokus dan bersungguh-sungguh dalam mengelola pertaniannya. Sehingga pada saat panen nanti seluruh petani mendapatkan keuntungan.

Dosmar juga mengatakan bahwa pemerintah akan membantu dan memfasilitasi pemberian pupuk bersubsidi kepada kelompok tani di Desa Ria-ria. Bupati juga menambahkan akan memberikan kemudahan kepada kelompok tani untuk mempermudah dalam mengolah lahan.

Bupati Dosmar juga mengingatkan kelompok tani untuk tidak henti belajar dan mencari tahu tentang tata cara pengelolaan tanaman pertanian yang benar, agar para kelompok tani nantinya tidak sembarangan atau salah prosedur dalam pengelolaan pertaniannya, yang mengakibatkan gagal panen atau hasil kurang maksimal.

Dalam kesempatan tersebut para petani juga menyampaikan saran, kritik, dan keluhan dalam pengelolaan pertanian di food estate. Seperti kemudahan pemakaian alsintan, permodalan dalam pengelolaan pertanian, dan pengelolaan pascapanen.

Dalam hal ini Pemkab Humbahas melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan nantinya akan melakukan sosialisasi kepada kelompok tani mengenai ke tata cara pengelolaan dan budidaya tanaman.

reporter | S Marihot Pakpahan

 

Related posts

Leave a Comment